ANALISIS GAYA PADA REM
CAKRAM (DISK BRAKE) UNTUK KENDARAAN MITSUBISHI
LANCER
Untuk mendapatkan
data-data hubungan yang diinginkan, maka dilakukan langkah-langkah pengolahan data sebagai
berikut :
1. Menghitung perbandingan
gaya
pada pedal (K) didapat dari persamaan
Dimana :
a = jarak dari pedal
rem
ke
fulcrum/ tumpuan.
b = jarak dari pushrod
ke
fulcrum
/
tumpuan.
Gambar 3.2
Tipe pedal rem
2. Persamaan yang digunakan untuk mencari gaya yang keluar dari pedal rem (FK) :
Dimana
:
FK
= Gaya yang dihasilkan dari pedal rem (kgf)
F
= Gaya yang menekan pedal rem (kgf)
Gambar
3.3. Gaya tekanan pedal
ke master silinder
3. Persamaan untuk menghitung tekanan
hidrolik (Pe) yang dibangkitkan pada master silinder yaitu :
Dimana :
Pe = Tekanan
hidrolik (kg/cm2).
Fk = Gaya yang dihasilkan dari pedal rem (kgf).
dm = Diameter
silinder pada master silinder (cm).
4. Persamaan
untuk mencari gaya yang menekan
pad
Rem (Fp) yaitu :
Dimana :
Fp =
Gaya yang menekan
pad rem (kgf).
D = Diameter silinder roda (cm).
Pe = Tekanan minyak rem (kg/cm2)
5. Gaya Gesek Pengereman (Fµ)
Untuk
menghitung gaya gesek yang ditimbulkan oleh rem menggunakan persamaan yaitu :
Fµ=µ. Fp................... (
1 – 5 )
Dimana :
Fµ = Gaya
gesek pengereman (kgf)
µ =
Koefisien gesek
Fp = Gaya yang menekan pad
(kgf)
Data Hasil
Pengujian
Dari hasil pengukuran manual dari rangkaian rem maka didapatkan
data-data sebagai berikut:
1. Rem Cakram
2. Hasil
pengukuran manual dari master silinder dan silinder roda pada rangkaian rem
adalah :
Tabel 4.1 Hasil pengukuran master Silinder.
No
|
Bagian yang diukur
|
Hasil yang
diukur
|
1.
|
Diameter master
silinder
|
2.6 cm
|
2.
|
Diameter silinder
cakram
|
2,06 cm
|
Perbandingan pedal rem (K)
Gaya yang keluar dari pedal rem (FK).
Dari hasil pengukuran terhadap pedal rem Pada
rangkaian rem yaitu :
Jarak dari pedal rem ke fulcrum / tumpuan (a) =
18,5 cm dan Jarak dari pushrod ke fulcrum / tumpuan (b) = 4,50, maka
perbandingan pedal remnya adalah 4,11. Sedangkan gaya yang menekan pedal rem
adalah antara 5 Kgf sampai 25 Kgf. Disini penulis mengambil harga F = 5 Kgf
Tekanan
Hidraulik (Pe)
Tekanan Hidrolik (pe) yang dibangkitkan master
silinder pada rangkaian rem yang
menggunakan Sistem Hidrolik menggunakan
rumus :
Dimana
:
Pe = Tekanan hidrolik (kg/cm2).
Fk =
Gaya yang keluar dari pedal rem (Kgf).
dm =
Diameter master silinder (cm).
Fk = 20.55
Kgf.
Dm =
26 mm = 2,6 cm.
Gaya
yang menekan pad rem (Fp).
Gaya
yang menekan pad rem menggunakan rumus :
Fp =
Pe x 0,785 (d2)
Dimana
:
Fp = Gaya yang menekan pad rem (Kgf).
d1 = Diameter Silindercakram (cm).
Pe = Tekanan Hidrolik (kg/cm2)
Diketahui
:
Pe = 3,87 kg / cm2
Dm = 26 mm = 2,6 cm
Fp = Pe x 0,785 (d2)
= 3,87 x 0,785 (2,62)
= 3,87 x 0,785 x 6,76
= 3,87 x 5,3066
= 20.5 Kgf
Gaya Gesek Pengereman (Fµ).
Untuk menghitung gaya gesek
yang ditimbulkan oleh rem menggunakan persamaan:
Fµ = µ. Fp
= 0,3 x
20,9
= 6,47
Kgf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar